Intip 6 Makanan Kuliner Khas Makassar Yang Populer

Intip 6 Makanan Kuliner Khas Makassar Yang Populer

Makassar merupakan salah satu kota besar di Sulawesi Selatan. Sebagai kota besar di pulau sulawesi yang sering dikunjungi wisatawan. Kota makassar menyuguhkan pesona destinasi wisata menarik dan wisata kuliner tradisional. Seperti yang akan bahas pada artikel ini dengan juduk “Intip 6 Makanan Kuliner Khas Makassar Yang Populer”.

Ragam kuliner tradisional yang ada di sulawesi selatan, tak hanya ditemukan di tempat kuliner kota Manado saja. Kota Makassar pun tak kalah dengan menu kuliner tradisional yang beragam dan membuat perut melilit. Menu kuliner khas kota makassar tak perlu diragukan lagi. Banyak wisatawan yang berburu wisata kuliner untuk menyantap aneka kuliner khasnya.

Terdapat puluhan menu tradisional khas makassar yang bisa kalian temukan ketika berkunjung ke kota daeng ini. Dari sekian banyaknya menu kuliner khas makassar. Yuk, Intip 6 Makanan Kuliner Khas Makassar Yang Populer

Coto Makassar

Coto Makassar

Coto Makassar merupakan makanan khas kota daeng yang sudah terkenal ke berbagai kota di Indonesia. Bahkan coto makassar bisa dibilang sebagai ikon kuliner kota besar di pulau sulawesi ini. Tekstur coto makassar cukup membuat perut keroncongan dengan tampilan yang keren.

Makanan yang menggunakan daging dengan kuah yang sudah kasih rempah-rempah sangat memikat pecinta kuliner. Tampilannya makin indah dengan taburan bawang goreng di bagian atasnya. Masalah rasa, tidak perlu diragukan lagi, kalian akan ketagihan setelah menyantap makanan khas makassar ini.

Sop Saudara

Sop Saudara

Menu kuliner khas makassar selanjutnya ada sop saudara. Sop berbahan dasar daging sapi ini disajikan dengan tambahan pelengkap. Seperti perkedel kentang, bihun, jeroan sapi, dan ikan bakar.

Jika berkunjung ke kota Makassar, belum lengkap rasanya tanpa menyantap sop saudara dengan kenikmatan yang khas. Menu khas makassar ini mudah kalian temukan di setiap kawasan kota makassar. Ketika mencicipi kuliner tradisional ini, bisa langsung jatuh cinta dengan rasanya yang lezat.

Sop Konro

Sop Konro

Selain menu tradisional khas makassar coto makassar dan sop saudara. Ada menu sop lainnya yang tidak boleh dilewatkan yaitu sap konro.

Sop konro hampir sama dengan coto makasar yang biasa di sajikan dengan ketupat sebagai pelengkapnya. Jika Coto makassar menggunakan daging yang di potong kecil-kecil. Beda halnya dengan sop konro yang menggunakan iga sapi dan di rebus dengan bumbu dan rempah-rempah.

Konro Bakar

Konro Bakar

Selain disajikan dalam bentuk makanan berkuah. Di makassar juga terdapat menu khas tradisional bernama konro bakar. Menu kuliner makassar ini pengolahannya dibakar diatas bara dengan dilumasi bumbu kacang.

Sop konro dan konro bakar bisa diolah dirumah masing-masing. Namun rasa khas dan lezat yang akan kalian dapatkan, tak akan seperti kalian menyantap langsung di Makassar.

Pallubasa

Pallubasa

Pallubasa merupakan makanan tradisional berkuah khas makassar. Berbahan dasar jeroan kerbau atau sapi dengan sajian kuah yang kental. Menghasilkan citra rasa khas yang lezat dan membuat orang ketagihan.

Hampir serupa dengan coto makassar, namun ini merupakan makanan yang berbeda. Perbedaannya dimulai dari segi proses dan penyajiannya. Kuah Pallubasa akan dicampur dengan kelapa parut yang sudah disangrai sebelumnya.

Ayam Palekko

Ayam Palekko

Beralih ke menu berbahan dasar ayam, ada makanan khas makassar yang bernama Ayam Palekko. Menu kuliner ini sepintas mirip opor atau kari ayam dengan tekstur berwarna kuning. Namun rasa dan cara penyajian serta cara prosesnya berbeda.

Menu kuliner makassar ini identik dengan rasa pedas yang mantap. Ayam Palekko sering menjadi menu kuliner incaran para wisatawan yang berkunjung ke makassar.

Masih terdapat puluhan menu kuliner tradisional khas makasar yang perlu dicoba. Seperti jalangkote, putu cangkiri, kapurung, bandeng bakar, gogos, mi titi, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top